Secara geografis, Belgrade terletak di mulut Sungai Sava dan Danube. Persis di pertemuan antara Balkans dan Panonian Plain. Kota di Serbia ini patut dikunjungi karena menawarkan pemandangan yang menarik serta hiruk-pikuk kota. Inilah alasan kenapa Anda harus ke Belgrade selama liburan. Paling tidak, sekali seumur hidup.

1. Sejarah Kerusuhan Eropa Pertama Ada di Sini

Sekarang sudah aman, tidak serusuh dulu. Maklum, Belgrade itu merupakan salah satu kota tertua di Eropa. Para pengunjung dari berbagai penjuru pun singgah di kota ini. Saat itu, regulasi yang mengatur perekonomian belum kuat. Jadinya mudah bergolak. Jika khawatir selama perjalanan, dampingi dengan travel insurance Indonesia.

2. Kota yang Ramah dan Dinamis

Benar, kan? Kerusuhan itu hanya tersimpan dalam sejarah. Fakta masa kininya jauh lebih ramah. Belgrade tidak menyimpan kejahatan apa pun seperti kota besar lainnya di Era Baru. Tapi gadis-gadis dan wanita muda Belgrade tidak diperkenankan untuk keluar malam-malam. Mereka sangat menjaga pergaulan di antara lawan jenis.

3. Kerap Mengadakan Festival Budaya

Jika ditotal, jumlah festival di Belgrade mencapai sekitar 100 dengan aneka kegiatan. Sebagian besar bahkan menjadi yang terbaik di tingkatan internasional. Sebut saja Bitef untuk cabang teater, Belef untuk festival musim panas, Oktober Salon untuk seni kontemporer, dan lain-lain. Setiap bulan selalu rutin digelar, walaupun tidak serentak.

4. Ada Pemandangan Seni Mengapung

Sebagai rumah bagi semua gaya seni kontemporer, Belgrade menawarkan pemandangan unik untuk Anda yang terbiasa dengan seni klasik. Beberapa yang paling disorot publik adalah Museum of Contemporary Art Belgrade atau MOCAB atau CCB atau Cultural Centre Belgrade. Keduanya masuk 10 besar untuk kategori seni kontemporer terbaik di dunia.

5. Hidangan Belgrade Unik-Unik

Bagi Anda yang terbiasa dengan makanan itu-itu saja, sekali-kali berkenalan dengan sarma, pihtija, gibanica, dan lain-lain. Walaupun jauh, fasilitas travel insurance Indonesia tetap bisa diklaim. Siapa tahu Anda kekurangan dana atau kehilangan sesuatu sebelum beli hidangan Belgrade tersebut. Sayang kalau dilewatkan begitu saja.

6. Ada Kafe Budaya

Di Indonesia masih jarang ada kafe yang dipadukan dengan sentuhan kebudayaan. Belum ada yang seotentik Przionica, Kofein, Tapaz, atau Tezga di Belgrade. Kafe di Belgrade ada yang berkonsep indoor maupun outdoor. Ketika menikmati sajian di kafe-kafe tersebut, para pengunjung akan disibukkan dengan nuansa harmonis dari pertunjukan seni budaya.

7. Belgrade juga Terkenal sebagai Kota dengan Kehidupan Malam

Meskipun para gadis dan wanita muda lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, daya tarik Belgrade tetap mempesona saat malam. Pernah berakit di sungai malam-malam? Kalau belum, cobalah ke Sungai Sava. Di sana banyak klub rafting yang akan menyewakan peralatan rakit untuk menikmati pesona malam di Belgrade.

8. Punya Pinggiran Kota yang Alami dan Riang

Beberapa dari Belgrade merupakan bagian dari sejarah. Misalnya Zemun. Kalau di Romawi, nama Zemun berubah jadi Taurunum. Tempatnya berada di 3 kilometer sebelah barat daya Belgrade. Persis di puncak bukit dengan mendaki Topcidersko Brdo lebih dulu. Dari atas sana, Anda akan melihat Belgrade dengan kacamata yang lebih luas.

9. Kota yang Funky dan Kreatif

Pusat dari kegiatan keren di Belgrade ada di Dorcol dan Kosancicev Venac. Untuk menelusuri jejak kreatifnya, silakan kunjungi museum, hotel, area belanja, zona pejalan kaki,  klub-klub, restoran, fakultas budaya, dan tempat-tempat yang menjadi jiwa Belgrade yang lain.

Sensasi yang berbeda akan Anda dapatkan setelah puas berkeliling di Belgrade. Saran terbaik sih bawa pasangan Anda, biar lebih lengkap. Biar ketika mendaftarkan diri untuk travel insurance Indonesia bisa sekalian. Apakah Belgrade sama dengan kota lain di Serbia? Jawaban untuk pertanyaan ini tentu saja tidak. Hanya Belgrade yang terlengkap di Serbia.